Senin, 25 Agustus 2014

Capcay seafod goreng khas jawa

Pada saat itu sih saya pengen nyoba makan sesuatu yang sehat dengan berisi sayur-sayuran dan terpikirlah untuk membuat capcay. Nah langsung meluncur deh ke pasar untuk beli sayur mayur dan harganya cukup murah karena saya hobi nawar dan sampai di marahin yang tukang jual.


Pernah belum anda mengetahui baik goreng ataupun basah. Menurut saya perbedaanya tidak terlalu jauh juga sih, cuman beda di cara memasak saja. Bahan yang di gunakan juga sayur-sayurannya itu saja. Nah anda pasti ingin tahu bagaimana saya memasak capcay seperti gambar tersebut dan pasti ngiler bangetkan.

Bahannya cukup banyak loh
3 butir bakso sapi (diiris-iris)
1 sendok teh bubuk merica
2 sendok makan kecap ikan
1 butir bawang bombay (diiris tipis arah melintang)
1 buah tomat merah (dipotong-potong)
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
2 sendok minyak goreng (untuk menumis)
4 siung bawang putih (dicincang halus)
2 cm jahe (digeprak atau dimemarkan)
1 buah wortel (dipotong tipis arag serong)
8 batang buncis (dipotong serong)
1 sendok teh penyedap (jika suka)
100 gram sawi hijau
3 butir bakso ikan (diiris-iris)
100 gram kembang kol/brokoli (ambil kuntumnya)
50 gram jamur kuping/jamur merang (rendam air panas dan tiriskan)
2 batang sosis (dipotong-potong)
2 batang daun bawang (potong dengan panjang 1cm)
1 sendok makan tepung maizena
50 ml air
4 butir bawang merah (dicincang halus)
50 gram kapri (dipotong serong)
8  buah jagung muda/putren (dipotong serong)


Cara membuatnya
  1. Panaskan minyak goreng, lalu tumislah bawang putih, bawang merah, serta bawang bombay hingga tercium aroma harus.
  2. Selanjutnya tambahkan jahe dan tomat lalu tambahkan air kemudian masukkan wortel, buncis, kapri, wortel, jagung muda, sawi, jamur, kembang kol, sosis, bakso sapi dan bakso ikan, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Tambahkan saus tiram, merica, gula pasir, kecap ikan, garam dan penyedap rasa (jika suka) lalu aduk-aduk kembali hingga merata.
  4. Kemudian masukkan daun bawang dan masukkan juga larutan tepung maizena lalu aduk-aduk kembali hingga mengental.
  5. Angkatlah segera jika sudah matang dan sajikan selagi panas/hangat.

Tersedia juga untuk pembuatannya pada situs berikut
Nah begitulah tentang cerita saya saat bikin capcay, saya memang hobi masak dan jika ada masakan yang saya buat pertama kali nanti akan saya share langsung ke blog pribadi saya ini. Terima kasih banyak ya sudah mengikuti cerita saya dari awal, jika anda nanti bikin capcay juga jangan lupa share ke saya hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar